326. Komunitas Peduli Rohingya

Dear All,

Postingan berikut adalah postingan tentang usaha penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya yang berada di Sabang.

Silahkan disebarkan (copy & paste) diblog masing-masing supaya gaungnya kerasa. Kalau sudah dikopi-paste jangan lupa kasih tautan kemari, biar saya list blognya disini. Danke, Thanks, Terimong Geunaseh, Makasih.

Awal idenya dari manager saya dikantor, beliau baca diserambi bahwa persediaan makanan untuk pengungsi Rohingya yg di sabang menipis (kira-kira cuma seminggu lagi). Waktu itu saya kasih gagasan kenapa kita gak undang komunitas Acehblogger yg sudah berteman baik dengan kita (say hai to bg fadli), saya langsung kontek bang fadli beliau oke aja. Malahan temen-temen di komunitas blog & KPLi Aceh sudah pernah melakukan kegiatan serupa. Mantab saya fikir. Fyi, Tsel Lhokseumawe juga pernah bikin acara serupa, tapi donasi untuk pengungsi Rohingya yg berada di Idi Rayeuk.

Ide mengalir terus, waktu temen saya wira bilang temen-temen di komunitas Acehforum & Acehfotografer ternyata punya maksud yg sama ya kenapa gak disatukan saja? Yaudah, kita gerak cepat, Telkomsel (saya, wira, dan bg denny) selaku fasilitator mengajak pentolan-pentolan komunitas ini untuk ngumpul di Helsinki untuk nyatuin ide, nyamakan persepsi, apa-apa aja yg bisa kita buat untuk mengumpulkan donasi.

Alhamdulillah ide sudah ada, tinggal eksekusi. Berapapun nanti yg didapat disepakati akan disumbangkan untuk pengungsi Rohingya. Berikut publish untuk para blogger diblognya masing-masing (silahkan dikopi paste).

“KOMUNITAS PEDULI ROHINGYA

(Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, dan juga TELKOMSEL Aceh)

Akhir-akhir ini banyak terdengar berita tentang “Pengungsi Rohingya”. Pengungsi Rohingya adalah warga minoritas muslim Myanmar yang sudah belasan hari terdampar di lautan mencari suaka ke negara-negara sekitar Selat Malaka, Teluk Martaban, dan Laut Andaman.

Sedikit tentang Pengungsi Rohingya (Manusia Perahu). Etnis Rohingya sejak awal merdekanya negara Burma (kemudian berganti nama menjadi Myanmar pada tahun 1989) tak pernah mendapat pengakuan sebagai etnis yang berhak menjadi warga negara dari sekitar 137 etnis yang diakui di Myanmar. Oleh karena itulah Etnis Rohingya disebut sebagai: Stateless and Forgotten People (orang tanpa kewarganegaraan dan dilupakan).

Menggunakan sembilan perahu mereka kemudian terdampar di Laut Andaman, sebagian kecil diselamatkan oleh warga Indonesia dan kini ditampung sementara di Aceh. Sebagian lainnya diselamatkan oleh Angkatan Laut India. Selebihnya masih terkatung-katung. Disebutkan bahwa nelayan Aceh menyelamatkan 220 ‘manusia perahu’ Rohingya pada 2 Februari 2009, namun 22 di antaranya telah tewas karena kehausan dan kelaparan.

Penelantaran oleh negara asal Myanmar dan pengusiran oleh negara tujuan seperti Thailand tentunya menimbulkan pertanyaan, apakah memang stateless persons dan para pencari suaka (asylum seekers) tak memiliki hak untuk diperlakukan secara wajar dan mendapatkan perlindungan yang layak secara kemanusiaan?
Saat ini, ada 93 warga Negara Myanmar dan Bangladesh di Sabang dan 198 warga Myanmar di Idi Rayeuk, Aceh Timur yang membutuhkan bantuan. Mari, bersama ”Komunitas Peduli Rohingya” kita bantu mereka. Salurkan dana Anda.

Sedikit tentang komunitas. Komunitas peduli Rohingya, yang terdiri dari Komunitas Acehforum, Komunitas Acehblogger, Komunitas Acehfotografer, Komunitas KPLi Aceh, bersama TELKOMSEL mengajak para blogger yang membaca postingan ini untuk memberikan donasi yang nantinya akan kita salurkan untuk para pengungsi.

Contoh sumbangsih (kegiatan & event) yg diberikan oleh masing-masing komunitas antara lain; Acehforum membuat booklet kecil yang akan diberikan/dijual ke masyarakat, Acehblogger dan KPLi-Aceh turun ke jalan langsung untuk mengumpulkan uang sumbangan.

Acehfotografer akan membuat ”Hunting Photo For Rohingya” nanti photonya akan dibingkai dan dijual ke masyarakat (termasuk uang pendaftaran dari all peserta akan disumbangkan). Telkomsel sendiri, bekerjasama dgn dealer, akan menjual perdana dibawah harga yg nantinya Rp.3000,- dari tiap perdana yg dijual akan disalurkan untuk pengungsi Rohingya.

Untuk temen-temen blogger, silahkan copy-dan-paste thread ini agar gaungnya kemana-mana. Mari tunjukkan kepedulian kita. Bagi yg mau nyumbang silahkan hubungi komunitas masing-masing.

Untuk transfer, mungkin rekening berikut bisa dipakai:

Rekening Elly KF
bank mandiri cabang banda aceh
no rek 105 000 5026921

atau diantar langsung ke C & E Gallery (oriflame )
Jln Daud Beureueh No 133 (depan SMU 3 Banda Aceh)

Information, kontak FAHRUL Hp: 08126965634; YM: fachrul01

Jangan lupa konfirmasi setelah melakukan donasi, supaya bisa sama-sama dipertanggung jawabkan.

About Rohingya :
1. Pengungsi Rohingya Tempo
2. Save Muslim Rohingya
3. Free Rohingya Campaign

Communities Events :
Acehforum – Penggalangan Dana
Acehfotografer – Hunting Bareng

Events in facebook :
Penggalangan dana utk muslim Rohingya
Hunting foto sosial Rohingya

TAUTAN BLOG :
1. OzankEh, Muslim Rohingya Dilupakan Lagi?
2. Fadli IdrisEh, Muslim Rohingya Dilupakan Lagi!
3. TatasPeduli Etnis Rohingya
4. Really Life – Bantu ngasih tautan di postingan ini, paling bawah!
5. herdi ajaInfo Peduli Rohingya.
6. KPLi AcehSiapa Peduli Mereka?
7. Save RohingyaEh, Muslim Rohingya Dilupakan Lagi!
8. Herr LukmanKomunitas Peduli Rohingya!
9. AuliaAnda Tahu Muslim Rohingya.
10. akan di update terus..

Catatan : Untuk gambar banner, silahkan diambil disini atau disana.

Peduli Rohingya!

Abe Poetra
*Semoga apa-apa yg kita buat menjadi Barokah, Amieen!
*Salut buat komunitas yang ada di Aceh ini.. :)

Share

About abe poetra

Abdi J. Putra well known as Abe Poetra
This entry was posted in At Work, Internet Related, Kegiatan, Music and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

18 Responses to 326. Komunitas Peduli Rohingya

  1. geblek says:

    berarti nanti ada kampung rohingnya seperti di batam ada kampung vietnam

  2. abe poetra says:

    1# geblek
    Oiya, di Batam ada kampung Vietnam ya? di daerah mananya Jok? Kok gak pernah bekeliaran?

    *padahal baru sekali ke Batam..

  3. geblek says:

    biar ndak cuma sekali ayuk kapan kesini lagi mok :)
    kamp vietnam ada di batam mook, deket sama jembatan barelang itu http://www.jokosupriyanto.com/tempat-wisata-kampung-vietnam-di-batam/

  4. Ngeselin says:

    Keren2

    Terus berkarya yao!

  5. ArieL, FX says:

    wah..

    abang telat info ni..

    mang abang gag gabung sama KPLi aceh disana?

    hehe..

    teringat ma medanlinux gag bang?

  6. Ozan says:

    Insyaallha semoga berjalan lancar…
    Sebelumnya, salam kenal.
    Soal pingback saya memang kurang mengerti tentang yang satu itu, nsik fungsi dan cara menggunakannya.. :mrgreen:

  7. Black_Claw says:

    Suasana evakuasi manusia perahu.
    Kpli aceh: “are you use linux?”
    manusia perahu mengangguk, dan ditarik ke darat, diberi selimut dan makanan.

    Datang kloter kedua.
    Kpli aceh: “are you use linux?”
    manusia perahu: “no”.
    Manusia perahu didorong kembali ke laut.

    lari2 ngakak menghindari rencong yang beterbangan

  8. Bang, info-nya udah saya copy – paste di blog saya.
    Semoga aksi peduli semakin marak.. :)

  9. reallylife says:

    ikut membantu menyebarkan

  10. abe poetra says:

    3# Nantilah kalau ada waktu dan kesempatan maek ke Batam, Jok. Tapi nanti ajak saya berkeliling yah. :)

    4# Makasih untuk linknya, bro!

    5# Tom, buat juga dunk di blog kamu ;)

    6# Kemaren aku sok sibuk gitu, Rie. Tapi kemaren udah jumpa sama ketua KPLi Aceh (Ali). Nanti setiap event komunitas linux Aceh saya akan bilang boss dikantor, kalau bisa bantu ya kita bantu ;)

    7# Salam kenal juga bang Ozank, terimakasih sudah menulis entry tentang Rohingya!

    8# Wakakaka.. wanjrit, lucu juga blek! :D

    9# Thanks atas supportnya, Tas!

    10# Makasih banyak bro..

  11. Pingback: Peduli Etnis Rohingya « Tatas Wicaksono

  12. ainkdast says:

    wah info berharga nih coz sebelumnya gw ga tau apaan itu rohingya….:lol::lol::lol::lol:

  13. Pingback: ** Abe Poetra ** » 327. Antara KPLi & Pengungsi Rohingya

  14. waklaboe says:

    makjang :shock:

    lobang idung ko itu kok kembang kali :razz:

    kayak goa ku liat…

    apa kabar bro…masih sehatkan ?

    ntah kapan bisa jumpa mahluk jelek yg satu ini

    cak ko tengok dulu baju khas medanku…

    salam suxsez buat ko & keluarga

  15. alley says:

    thanks bang atas bantuannya ..pokoknya bantuan semuanya deh ..:)

  16. Raz says:

    Terima kasih atas infonya. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>