Pengertian Distribusi

“KOMPETENSI kita adalah DISTRIBUSI bukan yang lain”

Kalimat itu yang selalu diulang-ulang oleh VP saya ketika meeting dan di beberapa workshop yg saya ikuti dengan beliau. For your information, saya yang semulanya “main-main” dikomunitas dan mengelolanya, saat ini diamanahkan tugas baru untuk “mengawal distribusi”. Yeah rite, “mengawal” means memastikan dan mengawasi terjadinya distribusi secara merata.

Secara sekilas mendengar kata distribusi mungkin “saya, anda, temen-temen anda, ibu dan bapak kita, mbah bejo, dan nek surip, serta zainuddin mz” (halah, napa pulak dai kondang juga dibawa-bawa) faham bener bahwa distribusi adalah menyalurkan barang dan jasa.

Akan tetapi apakah “saya, anda, temen-temen anda, ibu dan bapak kita, mbah bejo, dan nek surip, serta zainuddin mz” faham “esensi” dari “Distribusi” itu sendiri. Haha, saya ngaku deh, semula saya fikir saya faham ternyata ENGGAK. :)

Karena instruksinya sudah jelas bahwa kompetensi kerjaan saya adalah DISTRIBUSI, maka saya coba cari referensi tentang distribusi ini. Saat ini yang biasanya saya cari buku tentang komunitas dan bagaimana menggarapnya, sekarang ini sudah mulai serius coba baca-baca komik detektif conan hihi.. tentang “distribusi itu apa?”. Apa sih sebenernya pengertian dari distribusi itu sendiri? Nah, ini mau coba sharing pengertian distribusi yang saya kumpulkan dari berbagai pustaka dan googling tentu saja.

Sebelum lanjut, coba baca tentang “Marketing Mix” dan fahami 4P’s elementnya. Distribusi adalah bagian dari 4P’s yaitu “PLACE”.

Pengertian Distribusi dari berbagai sumber:

1. Philip Kotler (1997:140) saluran distribusi adalah serangkaian organisasi yang saling tergantung dan terlibat dalam proses untuk menjadikan suatu barang atau jasa siap untuk digunakan atau dikonsumsi.

2. The American Marketing Association , mendefinisikankalau saluran distribusi meupakan suatu struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui sebuah komoditi, produk atau jasa yang dipasarkan.

3. Menurut Winardi (1989:299) yang dimaksud saluran distribusi merupakan suatu kelompok perantara yang berhubungan erat satu sama lain dan yang menyalurkan produk-produk kepada pembeli.

4. C. Glenn WaIters, dalam tulisannya “Some Problems In Market Distribution” mengatakan bahwa saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.

5. Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa saluran distribusi adalah lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen.

Okey, sampai dengan 5 pengertian distribusi di atas “saya, anda, temen-temen anda, ibu dan bapak kita, mbah bejo, dan nek surip, serta zainuddin mz” (Jiahh..) sudah lebih faham tentunya tentang distribusi. Sebenernya masih banyak hal penting tentang distribusi, tapi karena ini udah mau jam 3 pagi saya pamit mundur dulu. Got a lot of things to do tomorrow guys.

Gak janji yah, tapi nanti kalau misalnya sempat nuliskan (hihi.. serasa ditunggu aja tulisannya), saya akan breakdown lagi tentang “wholeseller” dan “retailer”. Sama-sama kita belajar. Kenapa gak janji? Karena eh karena bisa merusak pikiran (mirasantika, rhoma irama) banyak hal yang harus dibenahi disini, banyak target yang harus diselesaikan. Semoga semua achieve sesuai dengan tanggung jawab yang diamanahkan, amien. :)

Gambar diambil tanpa izin dari http://www.conceptualist.com/2007/11/24/frank-schilling-innovating-distribution-reach-and-retail-name-liquidity/

Share

About abe poetra

Abdi J. Putra well known as Abe Poetra
This entry was posted in Distribusi, Sales & Marketing and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

24 Responses to Pengertian Distribusi

  1. ayahshiva says:

    jadi kalo distributor arti nya yang menyalurkan ya?

    btw itu kok ada gambar nya lupi one piece? udah gak cinta lagi sama conan y?

  2. Aam says:

    sharing bos… ada konsep menarik selain marketing mix (4P)
    dikenal dengan 5C (Company, Customer, Competitor, Collaboration, Change).
    bahkan sudah ada yang menerapkan C yang ke-6 yaitu Chaos.
    coming soon at my blog.
    hehehehehe…..

  3. abe poetra says:

    @ayahshiva : haha.. pengen ganti suasana aja pak :)

    @aam : ditunggu sharingnya yah.. :D

  4. Aam says:

    sesuai dengan temanya : sharing sering-sering, udah diposting tentang 5C
    mohon petunjuknya….

  5. Abe Poetra says:

    @Aam
    Okey thanks bro, thanks sharingnya yah.. _

  6. dani says:

    bukan sahrinagn tapi distribusi kali yayayay sih yayaya

  7. Pingback: Buku Tentang Distribusi & Distributor | ** Abe Poetra **

  8. abe poetra says:

    @dani

    “bukan sahrinagn” itu maksudnya apa?

    *gak ngerti..

  9. Pingback: Canvassing, Canvasser, dan Permanent Journey Plan (PJP) | ** Abe Poetra **

  10. I precisely wanted to thank you very much once more. I am not sure what I could possibly have followed without the actual solutions revealed by you over this concern. It previously was an absolute depressing concern in my position, but taking a look at a new expert fashion you treated the issue took me to weep with happiness. I’m just grateful for your advice and as well , hope that you know what a great job you have been getting into educating people by way of your website. I am sure you have never come across all of us.

  11. claudia says:

    hahaha thanks ya buat pengertian distribusinya

  12. anastasia er ye says:

    hahhaa..
    makasih ya tentang pengertian distribusi :)

    kebetulan aku magang dengan tema Strategi distribusi pupuk nih.. :)

    menurut anda strategi distribusi itu apa??

  13. abe poetra says:

    @claudia : sama-sama mbak, semoga bermanfaat yah..

  14. abe poetra says:

    @anastasia er ye :

    Kalau sudah berbicara strategi akan beda antara strategi satu perusahaan dengan perusahaan yang lain. Sudah ada niat untuk nuliskan tentang “Strategi Distribusi” mbak. Tapi mungkin sejalan dgn field yg saya lakoni sekarang (pastinya bukan pupuk hehehe..)

    Nah, waktunya belum ada untuk nuliskan “Strategi Distribusi”. Nanti kalau sempat akan saya tuliskan. Silahkan mbak-nya terjemahkan ke bahasa pupuk. Eh, maksudnya silahakan ditarik benang merahnya. :D

  15. Artikelnya enak dibaca dan dipahami karena diselingi humor. good artikelnya, tks.

  16. Pingback: Mengelola Perusahaan Distribusi | ** Abe Poetra **

  17. hasni D'brosist oppamhinoz says:

    penulisnya lucu…. hehehe :-)

  18. Anonymous says:

    Buku apaan nih kagak ada ªƿª apanya

  19. RIO says:

    MAKASIH BANYAK BANYAK

  20. abe poetra says:

    @Rio

    Terimakasih kalau artikel ini membantu.. :)

  21. Pingback: Merchandising itu bukan memberikan hadiah | ** Abe Poetra **

  22. siti ekasari says:

    selamat pagii, maaf saya sedang skripsi… bisa tlng beritahu buku buku yang bapak gubakan dalam penulisan ini. saya akan mencarinya pak. terimakasih atas infonya pak. tlng dibalas ke email saya ya pak daftar pustakanya. siti.ekasari22@yahoo.com

  23. abe poetra says:

    @siti ekasari

    Untuk buku tentang distribusi dan distributor silahkan mbak siti buka tautan berikut.

    http://blog.abepoetra.com/2011/01/buku-tentang-distribusi-distributor/

    Selamat membaca hehehe.. :)

  24. jujun junaedi says:

    Artikelnya sangat bagus,menambah wawasan tentang luasnya makna dari distribusi itu sendiri.Dan kalau boleh saya menambahkan definisi distribusi menurut saya adalah proses penyaluran,penyediaan,atau pemerataan suatu barang/produk dari produsen yang mana dalam kegiatannya melibatkan peranan agen/distributor, salesman,retail/pengecer hingga sampai ke konsumen sebagai tujuan akhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>